Stop Buang Air Besar Sembarangan

 Sintang

Bupati Sintang Hadiri Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF)

Sintang,KRP.Com.

            Bupati Sintang H. Jarot Winarno, hadiri deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) atau  stop buang air besar sembarangan di Desa Sungai Areh kecamatan Ketungau Hulu pada hari Sabtu (6/4/).

 Turut hadir pada dekllarasi tersebut, Kadis Kesehatan kabupaten Sintang dr. Sinto Linoh, anggota forkompincam Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu, anggota DPRD dapil Ketungau Melkianus serta perangkat Desa Sungai Areh.

            Dalam sambutannya, bupati menyebut desa ODF dapat terwujud merupakan partisipasi Desa Sungai Areh sendiri, tanpa kepedulian masyarakatnya tentu akan sulit terwujud.

Sebab itu, sebagai desa ODF deklarasi /berjanji ini harus dilaksanakan, ujarnya.

Jarot menambahkan, kalau kita buang air besar sembarangan, resiko kesehatan pasti terjadi misalnya, apabila lalat yang hinggap di kotoran lalu hinggap di makanan kita, maka makanan kita akan tercemar kuman dan menimbulkan penyakit pada tubuh kita.

Lagi, resiko pada anak – anak akan mengakibatkan pertumbuhannya lamban, terangya.

            Sementara itu, Dr Sinto mengatakan, dari 391 desa kab Sintang, yang melaksanakan program ODF  baru Desa Sungai Areh.

             Hal memprioritaskan desa ini diantara desa lainnya, mengingat masih minimnya sarana WC.

Sejauh yang kita lakukan selama ini melalui sosialisasi dor to dor di bantu oleh team  dari desa semenjak bulan Novenber tahun 2018 lalu, dari 243  rumah di desa ini yang sudah ada dan mengunakan wc baru sebanyak 124 rumah.

Bahkan yang belum memiliki wc masih sebanyak 106 rumah, karena itulah maka desa ini  menjadi desa tercepat program ODF setelah di sosialisaikan 3 bulan, ungkap Shinto (Humas/Js).

 

 

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan