Tanam Perdana Sereh Wangi di Ketungau Hulu

 Sintang

tanam perdana Sereh Wangi di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu

Sintang,KRP.Com

Bupati Sintang, H.Jarot Winarno, tanam perdana Sereh Wangi di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu, sekaligus sebagai pusat percontohan alih komoditi menuju desa mandiri.

Program Sere Wangi di desa itu, di laksanakan Jumat (30/8) bersama petaninya, dinas terkait, masyarakat, sejumlah 0PD dan Forkopimcam.

Bupati mengatakan, bidang pertanian dan perkebunan rakyat yang tidak menonjol kepada satu jenis tanaman saja, patut kita kelola dan giatkan menggingat kita punya tanah bagus dan luas.

Tidak hanya Sereh Wangi yang bisa kita tanam di sini, seperti bawang merah, bawang putih dan juga cabai, bisa ditanam, itulah maksud saya, kita tidak hanya pokus pada satu tanaman saja, jelasnya.

“Ini yang namanya pembangunan keseimbangan lingkungan, ekonomi maju, masyarakat sejahtera tetapi tetap menjaga lingkungan, serta menjaga adat dan alam kita”

Untuk diketahui, tanaman dengan nama latin (Chimbopogan Wintersanus Jowit) ini, atau yang lebih di kenal dengan nama Sereh Wangi (Serai) sangat banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Sehingga kedepan, karena dibutuhkan banyak masyarakat, tidak perlu lagi impor sebab kita sudah produk sendiri, tentunya para petani nanti setelah mendapat pelatihan supaya kreatif.

Sereh menurut Jarot siklusnya sangat pendek yakni 6 bulan saja bisa panen pertama, setelah itu dalam 3 bulan kedepan kita bisa panen kembali.

Kepala Desa Sungai Pisau Lifinus menyampaikan, Desanya mempunyai luas  5.427 H dan memiliki tanah subur, berdasarkan tanah subur inilah warga desa mengusulkan komoditi pertanian dan perkebunan.

Setelah dalam perjalanannya, kelompok tani terbentuk, barulah kemudian kami mengirim warga untuk mengikuti pelatihan  perkebunan dan pertanian ke Ciparai, Jawa Barat, dan hasilnya kita memilih komoditi Sere Wangi yang cocok, beber Kades. (Humas/Js).

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan