Wabup Hadiri Gawe Dayak Mensiap Baru

 Sintang

Gawai Dayak Mensiap Baru.  

Sintang KRP.Com

Ribuan masyarakat suku Dayak Seberuang dan Suku Dayak Ketungau di  Desa Mensiap Baru Kecamatan Tempunak, Jumat (5/7) rayakan (Gawe) Nyelapat tahun.

Pesta adat ucapan syukur atau yang biasa disebut suku setempat (Gawe) dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka resmi acara itu.

Wabup Askiman,  dalam sambutannya mengatakan,  kegiatan gawe dayak dilaksanakan tidak hanya merupakan rutinitas, namun karena memiliki makna yang sangat luar biasa bagi kita semunya maka diupayakan dilaksanakan tiap tahun.

Sebagai masyarakat dayak, nenek moyang kita telah menitipkan budaya, adat istiadat, yang mempunya nilai sejarah yang wajib kita jaga.

Seperti Gawe Nyelapat Tahun, Gawe yang berarti untuk mengucapkan sukur  kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Pencipta langit dan Bumi serta isinya.

Dialah (Tuhan-red) yang memberikan berkat hidup untuk kita maka kita wajib mensyukurinya dengan adat kita, sambung Wabup.

Askiman juga menyebutkan, sebagai masyarakat Dayak jangan malu-malu mencontoh masyarakat jawa yang menganut paham kejawen, kalau setiap bulan suro, melakukan ritual mengucap syukur.

Diantaranya, memandikan pusaka dan adatnya itu mereka lestarikan secara turun menurun, ujar Wabup dengan maksud pentingnya melestarikan adat..

Untuk itu, sebagai orang dayak jangan sampai  menghilangkan adat Budaya kita  yang sudah menjadi kebiasaan neneng moyang kita, karena apabila kita  tidak mempertahankan adat istiadat  itu berarti kita menghilangkan identitas diri kita. tegas Askiman

Sementara itu, Ketua Panitia Gawe Nyelapat tahun  Desa Mensiap Baru,  Senen Ardianto mengatakan,  bahwa  Pekan Gawe dayak yang dilaksanakan ini merupakan  tahun yang ke.2 guna melestarikan budaya dayak di sana.

Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada suku jawa yang ada di desa Mensiap Baru yang banyak terlibat dalam kegiatan ini, yang  mendukung baik secara pemikiran, materi, maupun  tenaga.

Ini membuktikan bahwa di desa ini telah semakin meningkat kerukunan antar  umat beragama  dan kebudayaan  masing-masing.

Sebagai panitia saya bangga atas kerjasama ini, tutupnya. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan