Wabup Resmikan Betang Adat Merimpit

 Sintang

Peresmian Rumah Betang Adat Patih Angga di Desa Merimpit.

Sintang,KRP.Com

Wakil Bupati (Wabup) Sintang, Drs. Askiman,MM (Senin/8/4) meresmikan rumah Betang adat Patih Angga di Desa Merimpit Baru Kecamatan Dedai.

Wabup dalam sambutannya mengakui senang kepada Kades dan perangkatnya yang berhasil rampungkan pembangunan Betang tersebut.

Sungguh luar biasa, desa ini bisa memanfaatkan dana desa dan ditopang dengan partisipasi swakelola seluruh anggota masyarakat, tambahnya disambut tepuk tangan para penduduk yang hadir.

Betang Patih Angga (Rumah Panjang) yang merupakan rumah tradisional khas masyarakat Suku Dayak, dibangun berukuran 9 x 30 meter persegi. Betang ini berada satu kompleks dengan kantor desa.

Meskipun dana minim namun hasil yang dicapai terlihat sangat luar biasa, puji Askiman lagi.

Harapan saya, gedung ini harus bisa menjadi tempat berkumpul bersama, meningkatkan rasa kekeluargaan, rasa persaudaraan dan keharmonisan dalam masyarakat.

Rumah Betang ini juga harus menjadi tempat untuk kita melestarikan adat dan budaya, menjadi pusat kerajinan Desa Merimpit,” ujar Askiman.

Untuk itu mari memulai karya kerajinan dan aktivitas sosial masyarakat yang bersifat budaya, kedepan, kerjasama dengan instansi terkait akan segera kita diskusikan bagaimana produk-produk kerajinan desa ini dapat tersalurkan/dipromosikan dengan baik, tambahnya.

Camat Dedai, Subendi menyatakan, Peresmian Betang Adat Patih Angga Desa Merimpit Baru ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Dedai dan masyarakat Sintang.

Bangunan yang merupakan ciri tradisi budaya ini, marilah kita rawat dan manfaatkan melestarikan budaya yang diwariskan nenek moyang kita, ujarnya lagi. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan